Google search engine
HomeHalo DaerahTanjungpinangSempena Hari Jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang, Pemko Luncurkan Aplikasi “SRIKANDI"

Sempena Hari Jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang, Pemko Luncurkan Aplikasi “SRIKANDI”

SKETSAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang- Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) menjadi kado istimewa peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang.

Acara launching aplikasi SRIKANDI, Senin, 17 Oktober 2022, ditandai penekanan tombol sirine dan pengguntingan pita oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, S.IP didampingi Sekretaris Utama  Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Rini Agustiani, SH. M.Ap; Sekretrias Daerah Provinsi Kepri, Adi Priantara; dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepri, Herry Andrianto, S.E.

Undangan yang hadir tampak ramai. Mulai dari Kepala OPD, FKPD dan banyak lagi.

Rahma menjelaskan SRIKANDI merupakan program penting dan menjadi prioritas nasional yang bersifat Government to Government (G2G). Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh instansi pusat dan daerah.

Di Tanjungpinang, menurutnya, penggunaan aplikasi dinilai sudah memenuhi kebutuhan instrumen kearsipan, tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip, serta sistem klasifikasi keamanan, dan akses arsip dinamis.

Dari 416 kabupaten dan 98 kota di Indonesia, Kota Tanjungpinang merupakan pilot project ke-22 dalam penerapan aplikasi SRIKANDI tersebut.

“Alhamdulillah. Terima kasih kepada ANRI yang memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang. Kami  mohon  bimbingan,” katanya.

Mulai hari ini, Rahma menambahkan, dirinya, Ketua DPRD, Kepala OPD dan unit kerja di lingkungan pemerintah kota siap melaksanakan penggunaan aplikasi itu.

“Kepada OPD dan unit kerja tak perlu ragu. Karena aplikasi ini menjamin keamanan dan keselamatan dalam bersurat,” ucapnya.
Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani menjelaskan aplikasi SRIKANDI merupakan bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintah berbasis ekektronik (SPBE).

Tujuannya tentu untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Dalam pelaksanaan SPBE, ANRI mewujudkannya dengan aplikasi SRIKANDI yang merupakan perpaduan dari praktik kearsipan dengan teknologi Informasi dan komunikasi.” katanya.

Dengan penerapan aplikasi itu, Rini berharap Pemerintak Kota Tanjungpinang dapat meningkatkan efisiensi penyelenggaraan administrasi.

“Dan saya harap, implementasinya dapat diiringi dengan berbagai inovasi. Sehingga aplikasi ini bisa memberikan manfaat dan terintegrasi dengan baik untuk pelayanan kearsipan, baik internal maupun eksternal,” ujarnya. (YS)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments