Google search engine
HomeSumutAsahanSambut Kemerdekaan RI Ke-77, Pemerintah Kabupaten Asahan Laksanakan Berbagai Kegiatan

Sambut Kemerdekaan RI Ke-77, Pemerintah Kabupaten Asahan Laksanakan Berbagai Kegiatan

SKETSAKPERI.CO.ID, Asahan- Hari ini adalah hari dimana kita menghormati hasil indah dari perjuangan pahlawan bangsa ini. Kemerdekaan, adalah salah satu hal yang terindah bagi setiap bangsa dan manusia.

Momentum tersebut memiliki makna yang amat luas bagi suatu bangsa yang belenggu penjajahannya telah terlepas. Kini kita dapat tertawa puas, menggapai mimpi dengan bebas, melanjutkan kemerdekaan ini dengan tegas. Karena di hari yang bersejarah ini, 77 tahun yang lalu, Indonesia resmi menyatakan kemerdekaannya yang diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

Sebagai salah satu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Asahan juga melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Kemerdekaan di Bumi Rambate Raya.

Aula Melati Kantor Bupati Asahan, mengawali lokasi kegiatan dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kabupaten Asahan. Di tempat tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Asahan bersama Unsur Forkopimda Asahan mengikuti upacara detik – detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 secara virtual yang terhubung langsung dengan Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Selesai melaksanakan upacara detik-detik proklamasi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual, Bupati Asahan beserta rombongan bergerak menuju lokasi kegiatan selanjutnya, untuk melaksanakan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

“Alhamdulillah tahun ini kita sudah dapat melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-77 RI secara terbuka. Ini dikarenakan Kabupaten Asahan berada pada PPKM Level I, tetapi dalam pelaksanaan upacara ini kita tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19”, ujar Bupati Asahan saat dikonfirmasi setelah pelaksanaan upacara virtual di Aula Melati.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-77 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan sendiri berjalan cukup khidmat. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara yang diawali dengan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kab. Asahan, H. Baharuddin Harahap, SH., MH tersebut.

Upacara yang dilaksanakan di Alun – Alun Rambate Rata Raya Asahan tersebut juga turut dihadiri oleh Forkopimda Asahan beserta seluruh jajarannya, Anggota DPRD Kab. Asahan, Sekda beserta OPD Kab. Asahan, Ketua TP. PKK Kab. Asahan, Camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Veteran serta masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi pengibaran bendera kebangsaan NKRI.

Sambutan meriah juga diberikan oleh seluruh hadirin ketika 45 putra – putri terbaik utusan dari berbagai sekolah di Kab. Asahan yang tergabung dalam Paskibraka didampingi oleh pasukan dari Yonif 126/KC, selesai melaksanakan tugasnya dalam mengibarkan duplikat bendera merah putih di Lapangan yang bersebelahan dengan Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran tersebut.

Apresiasi tersebut diberikan sebagai ungkapan bangga atas keberhasilan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Keberhasilan itu juga tak terlepas dari kekompakan seluruh personil serta harmonisasi yang cukup baik dari seluruh Paskibraka yang pada tahun ini menugaskan Andryan (SMK Muhammadiyah 10 Kisaran) sebagai perentang bendera, Milwanto (SMAN 1 Kisaran) sebagai penggerek bendera, Nirhayati Zalfa Aulia (SMAN 2 Kisaran) sebagai Pembawa Baki dan Firma Andrian Ginting (SMAN 1 Bandar Pasir Mandoge ) sebagai Komandan Pasukan 17.

Usai Upacara, masyarakat juga dihibur dengan penampilan Parade Defile yang dilaksanakan oleh personil dari TNI dan Polri, Korpri, Paskibraka, Pramuka, Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Kepemudaan. Tak ketinggalan penampilan marching band dari berbagai sekolah juga turut memeriahkan parade defile dalam rangka HUT RI ke- 77 tingkat Kabupaten Asahan.

Usai pelaksanaan Upacara Defile, Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam keterangannya menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan momentum Dirgahayu Republik Indonesia Ke- 77 ini dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Beliau juga mengajak masyarakat untuk dapat terus menjaga kedaulatan Negara dan keutuhan Bangsa serta mengukir prestasi di berbagai bidang sebagai bentuk penghargaan dan balasan atas pengorbanan para pahlawan dan pendahulu yang telah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Dirgahayu Indonesia, mari kita tetap semangat membangun negeri, khususnya Kabupaten Asahan, agar pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”, pungkas Bupati Asahan.(Bahrun)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments