Google search engine
HomeJawa TimurPLN Amankan Suplai Pelanggan KTT Berkapasitas Pasar Internasional

PLN Amankan Suplai Pelanggan KTT Berkapasitas Pasar Internasional

SKETSAKEPRI.CO.ID, Jatim- Memastikan keandalan penyaluran penyediaan kebutuhan listrik menjadi komitmen utama PLN untuk memberikan pelayanan terbaik prioritas utama terhadap pelanggan, utamanya peningkatan layanan kepada pelanggan KTT (Konsumen Tegangan Tinggi).

Setelah melalui proses investigasi sebagai tindak lanjut atas temuan hasil assessment yang dilakukan di Gardu Induk (GI) Perak pada Februari lalu, menunjukkan adanya kenaikan hasil saat dilakukan pengujian pertahanan kontak antar fasa, dan perlu penanganan overhaul secara mayor untuk perbaikan GI, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi Surabaya (UPT Surabaya) membuat Bay Emergency Bogasari di Gardu Induk (GI) Perak 150 kV.

General Manager UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan Senin (29/8/2022) mengungkapkan, bahwa tindakan cepat perlu dilakukan PLN agar pasokan penyediaan kebutuhan listrik untuk pelanggan, terutama KTT, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari terjamin andal dan aman, mengingat perusahaan yang bergerak dalam bidang penggilingan gandum menjadi tepung terigu tersebut memiliki kapasitas giling terbesar di dunia, serta berorientasi pasar Nasional dan Internasional.

“Waktu yang dibutuhkan cukup panjang untuk masa overhaul, sehingga perlu inisiatif lebih cepat dan mungkin dilakukan sebagai pelayanan PLN kepada KTT yaitu dengan melakukan penambahan Bay Emergency Bogasari yang menjadi backup agar penyaluran listrik tetap terjaga tanpa padam”, lanjut Didik.

Lebih lanjut, Didik memaparkan bahwa PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari merupakan Konsumen Tegangan Tinggi yang mendapat suplai aliran listrik dari GI Perak sebesar 32 MW dan merupakan pelanggan premium PLN Tanpa Padam.

“PLN terus berupaya memberi pelayanan yang ekstra untuk menjaga keandalan dan pasokan aliran listrik kepada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari yang merupakan pelanggan premium. Sehingga, keandalan suplai listrik kepada salah satu pelanggan KTT yang disuplai dari jalur SUTT 150 kV Tandes-Perak harus dijaga” terang Didik.

Dalam penyelesaian pekerjaan, Manager Unit Pelaksana Transmisi (MUPT) Surabaya, Christian Ismunandar, menyampaikan bahwa pekerjaan pemasangan Bay Emergency Bogasari berhasil dikerjakan selama sepekan sejak awal dimulai pada Selasa (23/8), dalam keadaan online, tanpa perlu dilakukan pemadaman.

“PLN berupaya agar pemasangan CVT dapat dilakukan cepat dan effisien. Setelah pemasangan CVT, selanjutnya dilakukan pemasangan PMT serta pemasangan Material Transmisi Utama lainnya. Bay Emergency Bogasari berhasil diselesaikan pada Minggu (28/8), sehingga saat ini Bay Emergency sudah dapat beroperasi”, jelas Christian.

Christian menambahkan, keamanan personel menjadi prioritas utama, sehingga dalam setiap pelaksanaan pekerjaan, seluruh tim menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

“Adanya pengawas pekerjaan yang berfungsi memastikan setiap tahap pekerjaan telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai target waktu dan pengawas K3 yang memastikan semua tim bekerja menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) serta alat kerja yang memadai sesuai kebutuhan dilapangan”, terangnya.

Melalui penambahan Bay Emergency Bogasari di GI Perak ini dapat menjaga kontinuitas penyaluran pasokan listrik semakin andal dan tanpa gangguan. Hal ini sebagai wujud komitmen PLN yang bertujuan untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. (hdr)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments