Google search engine
HomeHalo DaerahNatunaPemkab Natuna-Kementerian KKP Gelar Gerakan Nasional Cinta Laut

Pemkab Natuna-Kementerian KKP Gelar Gerakan Nasional Cinta Laut

MEDAKONEWS.CO.ID, Natuna – Pemerintah Kabupaten Natuna bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar kegiatan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut.

Gerakan bersih laut dan pantai ini mengusung tema ” Laut Sehat, Indonesia Sejahtera ” kegiatan dilaksanakan di Pantai Piwang, Kamis, 20 Oktober 2022.

Kegiatan ini diawali dengan gotong royong bersama, di wilayah Pantai Pasar Ranai, Pantai Piwang, hingga pantai kelurahan batu hitam. Dalam kegiatan ini diikuti oleh seluruh OPD, Prokopimda, instansi dan Sekolah.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda dalam menyampaikan terimakasih atas kepedulian masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam acara gerakan bersih pantai dan laut.

“Natuna salah satu potensi lokalnya adalah pariwisata bahari, sehingga kebersihan laut menjadi salah satu prioritas pemerintah daerah. Sehingga program bersih pantai menjadi agenda rutin untuk membersihkan lingkungan pantai dan laut hingga ke desa desa,” paparnya.

Rodhial Huda mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dimulai dari lingkungan terdekat yaitu rumah rumah sendiri.

“Gerakan bulan cinta laut, yang merupakan gerakan bersih pantai dan laut sangat kami dukung karena ini menjadi bagian dari prioritas pembangunan, Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat mempopulerkan gerakan bulan cinta laut. Dengan pantai dan laut yang bersih kita harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ajaknya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Ikan dan Jaminan Mutu Kementerian KKP, Pamuji Lestari menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bapak Menteri karena ada agenda mendadak bersama presiden di Bangka Belitung.

Menurut Pamuji Lestari, Bulan Cinta Laut adalah sebuah gerakan bagaimana mengajak masyarkat untuk lebih mencintai laut.

“Dengan bersama sama merawat dan menjaga laut kita khususnya masyarakat yang tinggal di daerah kepulauan dan pesisir,” tuturnya.

Suasana saat gotong royong.

Pamuji Lestari juga mengatakan, bahwa potensi laut Natuna sangat luar biasa, sehingga kementerian KKP terus mendorong Kabupaten Natuna untuk memaksimalkan potensi dan kekayaan sumber daya.

Lanjut Pamuji Lestari, timbunan sampah di Kabupaten Natuna tercatat 11.173 ton pertahun/km, ini menjadi tantangan pemerintah Kabupaten untuk mulai merencanakan proses pendaur ulangan sampah menjadi produk yang memiliki nilai tambah.

“Kita bisa lihat saat ini banyak produk kreatif yang dihasilkan melalui proses daur ulang, sehingga penangan sampah lebih efektif sehingga dapat mengurangi penumpukan sampah,” ujarnya.

Selain itu, Pamuji Lestari juga mengajak semua masyarkat agar bisa membangun komitmen bersama, gerakan Bulan Cinta Laut untuk bersama-sama menjaga kebersihan laut dan pantai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui merawat dan memelihara potensi wisata bahari dan potensi laut lainnya. (Dodi Antolius)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments