Google search engine
HomeSumutAsahanBuruknya Tata Kelola PTPN III Kebun Pulo Mandi, Siburian: Copot GM Distrik...

Buruknya Tata Kelola PTPN III Kebun Pulo Mandi, Siburian: Copot GM Distrik Asahan dan Manager Kebun Pulo Mandi

SKETSAKEPRI.CO.ID, Asahan- PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) atau bisa disingkat PTPN III adalah badan usaha milik Negara Indonesia yang bergerak dibidang perkebunan. Perseroan ini didirikan dengan maksud dan tujuan untuk melaksanakan kebijakan dan program pemerintah dengan memberikan kontribusi terhadap ekonomi dan pembangunan Nasional khususnya di subsector perkebunan serta meningkatkan keuntungan (profit) melalui prinsip prinsip perusahaam yang sehat dan bernilai.

Hal tersebut bisa terwujud apabila perusahaan yang bernama PTPN III ini dikelola oleh orang-orang yang berpengalaman dan mempunyai keahlian khusus dibidang perkebunan. Bukan dikelola orang-orang yang tidak paham tentang bagaimana mengolah aset perusahaan.

Seperti yang terjadi di PTPN III Kebun Pulo Mandi Distrik Asahan. Akibat buruknya sistem tata kelola sehingga menyebabkan areal di afdeling I yang berbatasan dengan afdeling III semak tidak terawat.

Kemudian ada juga ditemukan buah hasil panen yang tidak diangkut sehingga membusuk di lapangan. Serta berondolan yang tidak dikutip.

Hal ini menandakan bahwa PTPN III Kebun Pulo Mandi dikelola oleh orang yang kurang berpengalaman. Ditambah lagi dengan lemahnya sistem pengawasan yang dilakukan Manager Distrik Asahan terhadap kebun yang berada di wilayah kerjanya.

Menanggapi terkait buruknya sistem tata kelola di PTPN III Kebun Pulo Mandi, M.Siburian, Kepala Biro Media ICW POST Kabupaten Asahan angkat bicara.

“Kejadian penelantaran areal bukan terjadi di Kebun Pulo Mandi saja, hampir di setiap kebun yang berada di wilayah kerja Distrik Asahan banyak saya jumpai permasalahan yang sama. Yaitu, areal semak tidak terawat, buah hasil panen tidak diangkut, berondolan tidak dikutip sehingga berserak di lapangan. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan visi misi perusahaan,” ucap Burian Sabtu (26/02-2022).

Yang jadi pertanyaan, menurut dia, apa memang seperti ini tata kelola di PTPN III Kebun Pulo Mandi?

Bagaimana dengan sistem pemupukannya, pembukaan piringan dan penunasan. Sementara areal dibiarkan semak. Bagaiman pula dengan anggaran dana perawatan dan pemeliharaan yang sudah digelontorkan perusahaan. Dikemanakan anggaran tersebut?

“Untuk itu, melalui media saya minta kepada Dirut Holding PTPN III di Jakarta agar mengevaluasi kinerja Manager Distrik Asahan dan Manager Kebun Pulo Mandi serta memberikan  teguran bila perlu copot mereka dari jabatanya karena dinilai tidak becus dalam mengelola aset perusahaan,” ucap Siburian. (Nurlin)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments