Google search engine
HomeJawa TimurAPSI Gelar FGD Harmonisasi dan Sinergitas Wujudkan Common Mission

APSI Gelar FGD Harmonisasi dan Sinergitas Wujudkan Common Mission

SKETSAKEPRI.CO.ID, Probolinggo– Asosiasi Pengawas Sekolah Seluruh Indonesia (APSI) Kabupaten Probolinggo menggelar Focus Group Discusion (FGD) dengan tema “Harmonisasi dan Sinergitas dalam Mewujudkan Common Mission menuju Pendidikan Bermutu di Kabupaten Probolinggo, Selasa (22/2/2022) di Ombas Resto Probolinggo.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang peserta ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Edy Karyawan, Ketua APSI Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya dan Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Asim.

Ketua APSI Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya mengungkapkan kegiatan FGD ini memang sudah menjadi program dari APSI Kabupaten Probolinggo. Tujuannya supaya semua stakeholder yang ada di lingkungan pendidikan Kabupaten Probolinggo move on kembali setelah kemarin 2 (dua) tahun Covid-19 loos quality.

“Melalui kegiatan ini APSI juga ingin menyamakan visi, misi dan persepsi dalam menyikapi isu-isu pendidikan di Kabupaten Probolinggo. Sekaligus membangun dan mewujudkan common mission bersama dalam rangka mencapai pendidikan bermutu di Kabupaten Probolinggo. APSI mempunyai suatu program bahwa pengawas sekolah dalam wadah APSI ini dalam garis yang sama tingkat kemampuan dan kualitas,” katanya.

Menurut Joko, fokus utama pembahasan kegiatan ini adalah membangun common mission bersama dalam rangka mewujudkan pendidikan di Kabupaten Probolinggo yang bermutu dan berkualitas.

“Memang harus ada komitmen dalam rangka membangun komunikasi, koordinasi dan motivasi dalam rangka penjaminan mutu pendidikan di Kabupaten Probolinggo. Yang harus diperbaiki banyak sekali seperti IPM dan ANBK rendah serta tata kelola korwil pendidikan di kecamatan. Serta bagaimana guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah ini sebagai jabatan fungsional move on kembali karena kemarin memang Covid-19,” tegasnya.

Joko menegaskan peran pengawas sekolah ini harus professional, bermartabat dan sejahtera. Pengawas sekolah ini konsultan pendidikan. Pengawas sekolah ketika sebagai konsultan adalah penjamin mutu.

“Jadi pengawas sekolah itu penjamin mutu maka dia sebagai konsultan harus berkualitas dari segi kompetensinya sebagai kepala sekolah,” terangnya.

Sementara Sekretaris Dispendik Kabupaten Probolinggo Edy Karyawan menyampaikan ucapan terima kasih karena APSI telah mengadakah FGD. Harapannya agar komunikasi yang selama ini banyak yang tidak tersalurkan, informasi dan kebijakan supaya selaras antara Pemerintah Daerah khususnya di jajaran pendidikan dengan pelaku pendidikan yang ada di lapangan khususnya pihak pengawas.

“Kegiatan ini menjadi mungkin bisa ditindaklanjuti untuk ke depan. Sebab kegiatan bisa menjadi media silaturahim dan kebijakan-kebijakan Dinas Pendidikan dan pengawas sekolah di lapangan selaras. Sebab jika berjalan sendiri-sendiri maka tujuan yang diharapkan tidak akan tercapai,” katanya.

Edy mengharapkan dengan kegiatan ini ke depan pendidikan yang ada di Kabupaten Probolinggo bisa meningkat. Sebab selama ini IPM Kabupaten Probolinggo masih berada di bawah untuk jajaran Jawa Timur.

“Kita berusaha semaksimal mungkin bekerja sama dengan pelaku pendidikan supaya kita bisa lari sprint dan mendahului daerah lain serta tidak terlalu rangking bawah terus. Memang tidak semudah membalik telapak tangan, tapi kalau kita usaha bersama melalui gebrakan dan terobosan maka hal itu bisa tercapai,” jelasnya.

Lebih lanjut Edy mengharapkan pengawas sekolah tidak hanya sekedar tupoksinya saja, tetapi harus berinovasi berbuat semaksimal mungkin. Ke depan harus lebih ekstra dan berusaha semaksimal mungkin melalui inovasi-inovasi dari pengawas sekolah untk memajukan pendidikan di Kabupaten Probolinggo.

“Harapan kami pengawas sekolah juga berbuat tidak hanya seperti biasa-biasa, tetapi harus ada kerja ekstra dan saling berkoordinasi. Kendala-kendala di lapangan kita sinkronkan bersama karena kalau kita bicara kesulitan dan kelemahan tidak bisa dikerjakan sendiri. Sebab kita bukan superman tapi super tim yang kita harapkan bersama,” pungkasnya. (Ato’)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments